Senin, 15 Maret 2010

Blackberry 9700 Bold II Onyx


Blackberry 9700 Bold II Onyx

Sebelum kemunculannya, seri baru dari BlackBerry ini santer terdengar dengan julukan Onyx. Namun ketika diperkenalkan di pasaran, BlackBerry seri 9700 ini muncul dengan julukan Bold II. Dengan julukan itu, persepsi orang langsung tertuju bahwa seri ini merupakan pelanjut seri 9000 Bold, yang sukses luar biasa di pasar Indonesia. Sepertinya juga ingin melanjutkan kesuksesan Bold?



Boleh jadi, karena potensi yang dimiliki ponsel ini sangat memadai untuk meraih sukses serupa. Bold II alias Onyx hadir dengan dimensi yang lebih ramping (kecil). Namun yang terpenting adalah, tampilannya yang luwes dan fancy, beda dengan Bold yang masih (agak) kaku. Trackball yang kerap dikeluhkan gampang rusak, kini diganti dengan trackpad, yang bekerja dengan sapuan jari. Jeroannya sendiri sudah mengusung sistem operasi versi terbaru, versi 5.0, yang membuat fitur messenger lebih atraktif.

DESAIN
Dibandingkan dengan pendahulunya, tampilan Bold II alias Onyx memang sudah jauh lebih trendy. Selain bodynya yang lebih ramping, Bold II juga tidak terkesan kaku, dengan bobot yang juga lebih ringan. Meskipun, dari detil body dan material, sepertinya ponsel ini sedikit kehilangan sentuhan lux-nya sebagai ponsel kelas atas.
Pengujian : Menggenggam dan merasakan sisi ergonomisnya
Nilai : 3,4
Catatan : Dalam paket penjualan sudah tersedia leather case.

MESSAGING
Tentu saja fitur ini merupakan “ruh” dari BlackBerry. Di sinilah kekuatan utamanya, dengan layanan push email sebagai tulang punggung. Untuk email, seperti biasa, tinggal melakukan langkah setting yang sederhana, memasukkan akun email, dan layanan siap digunakan. Untuk pesan teks (SMS), punya kelebihan dengan menampilkan back up SMS terdahulu dari nomor yang dituju.
Pengujian : Memasukkan account email yahoo, gmail, dan selular.co.id.
Nilai : 3,4
Catatan : Setting sudah otomatis, tinggal menulis user id dan password

LAYAR
Dimensi yang lebih kecil membuat layarnya juga lebih kecil dibanding pendahulunya. Bila Anda terbiasa menggunakan Bold, akan sedikit kurang nyaman ketika berpindah ke Bold II. Tampilan ikon menu juga ikut mengecil. Layarnya tetapmemakai jenis yang sama dengan Bold, layar TFT berkedalaman 65 ribu warna.
Pengujian : Menampilkan gambar dan memutar video
Nilai : 3
Catatan : Tak terganggu meski tampil di bawah terik matahari

MUSIK PLAYER
Pemutar musiknya memang bisa mengenali beragam format file, seperti 3Gp,MP3, WMA9, WMA9 pro, WMA9 10, MIDI, AMR-NB, AAC, AAC+, eAAC+. Namun pemutar musik bukanlah fitur terbaik dari ponsel ini. Kualitas keluaran suara dari speakernya biasa-biasa saja. Begitu pula dengan keluaran suara lewat headset. Namun penyempurnaan ada pada audio port 3,5 mm, yang memungkinkannya mengadopsi jack headset stereo dari luar.
Pengujian : Memutar dan mendengarkan lagu format MP3
Nilai : 3
Catatan : Dalam paket penjualan sudah tersedia headset.

KAMERA
Di sini RIM seperti menyadari, fitur imaging tak bakal lepas dari kegemaran penggunanya dalam hal mengakses situs jejaring sosial semacam Facebook. Kelemahan Bold yang hanya berkamera 2 Mpix, diperbaiki dengan melengkapi Bold II dengan kamera 3,2 Mpix. Tentu saja hasil fotonya lebih bagus, dan lebih layak untuk diunggah langsung ke Facebook, misalnya. Apalagi sudah dibekali fitur image stabilization dan auto focus, yang tak terdapat di Bold terdahulu.
Pengujian : Memotret outdoor di kawasan SCBD
Nilai : 3,1
Catatan : Setting penyimpanan ke dalam memori eksternal

KEYPAD
Body yang lebih kecil juga membawa konsekuensi keypad qwerty yang lebih kecil dan lebih berdesakan. Meskipun masih terasa nyaman, karena tetap mengadopsi konsep keypad yang menonjol. Juga karena bahan keypad masih tetap lembut saat ditekan. Namun pembaruan pada tombolnavigasi, yang kini memakai trackpad, cukup membawa penyegaran. Trackpad yang bekerja dengan sapuan jari, punya resiko lebih kecil untuk cepat rusak.
Pengujian : Keluar masuk menu dengan dukungan sapuan trackpad
Nilai : 3,2
Catatan : Anda bisa men-setting tombol keypad untuk menjadi shortcut ke menu atau fungsi tertentu.

MOBILE OFFICE
Sebagai perangkat yang sejatinya untuk pendukung kerja kantoran, aplikasi untuk pekerjaan kantor sudah dibenamkan dalam ponsel ini. Ada Document To Go yang kompatibel dengan MS Word, Excel dan PowerPoint. Aplikasi ini juga mampu membaca dan mengedit dokumen yang dikirimkan lewat email sebagai attachment. Selain melakukan editing dan perbaikan naskah, kita juga bisa membuat file baru.
Pengujian : Membuka file word dan memulai dokumen baru.
Nilai : 3
Catatan : Untuk mendapatkan versi lengkap dari aplikasi kantoran itu, harus mengunduh lagi.

INSTANT MESSAGING
Boleh dibilang, BlackBerry-lah yang mempopulerkan instant messaging lewat ponsel. Fitur instant messaging ini seperti mendapat habitat yang pas di ponsel-ponsel BlackBerry. Termasuk di seri baru ini. Namun versi terbaru dari BBM (BlackBerry messenger), membuat fitur ini jadi lebih atraktif. Selain BBM, juga bisa menggunakan GoogleTalk, Yahoo Messenger, dan lain-lain.
Pengujian : Chatting dengan yahoo messenger
Nilai : 4
Catatan : --

KONEKTIVITAS
Selain koneksi bluetooth, Bold II juga menyediakan perangkat transfer data berupa kabel data slot mini USB. Fungsinya selain untuk sinkronisasi data dengan PC, juga bisa sekalian menambah daya baterai alias charging. Sedangkan fasilitas bluetooth sudah dilengkapi dengan teknologi A2DP, sehingga mendengarkan musik lebih nyaman dan tidak ribet oleh lilitan kabel handsfree.
Pengujian : Memindahkan data dari BB ke PC dan sebaliknya, menggunakan kabel data
Nilai : 3
Catatan :Ada desktop software untuk mendukung sinkronisasi.

INTERNET BROWSING
Bold II dibekali dengan menu browser yang mumpuni. Tampilan halaman situs yang dikunjungi bisa diperbesar dengan dukungan zoom. Fasilitas browsingnya didukung format HTML dan berbagai pilihan pengaturan browser setara dengan PC. Yang menarik adalah bila Anda sudah berlangganan BB via operator tertentu, Anda akan bebas berselancar dunia maya tanpa harus khawatir over cost. Pasalnya langganan layanan BB sudah meliputi browsing internet.
Pengujian : Membuka situs berita detik, kompas dan selular online
Nilai : 3,5
Catatan : Dengan kanal khusus memang membuat browsing lebih bebas hambatan.

SKOR AKHIR : 3,1

KINERJA
Secara umum, kinerja Onyx sangat baik, bahkan boleh dibilang memuaskan. Terutama ketika menjalankan aplikasi yang jadi tulang punggung BlackBerry, seperti email, chatting, browser internet, download aplikasi semua berjalan lancar. Paling banter kendala sinyal operator yang turun naik. Sementara fungsinya sebagai alat telekomunikasi juga terbilang bagus.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

2010 FIFA World Cup South Africa™

 

INFORMASI, TREND, STYLE dan KEHIDUPAN Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha